18 Ribu Pemegang KTP Menerima Bansos, Begini Cara Cek Penerima BNPT!

Di tahun 2022 sejumlah 18 ribu pemegang KTP penerima bansos terdaftar di  situs kemensos. Bantuan yang diterima ialah sembako dengan besaran nilai 2,4 juta untuk satu tahun dan jika dihitung per bulannya adalah 200 ribu.

Sebelumnya, Kemensos telah memberikan bantuan BNPT dengan nilai 150 ribu per bulannya, namun sejak bulan maret 2021 kemenkes telah memakainya menjadi 200 ribu.

Bagi Anda yang penasaran apakah Anda termasuk salah seorang dari 18 ribu pemegang KTP yang menerima BNPT atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan cara di bawah ini.

Inilah Cara Cek Penerima BNPT 2022

Jika Anda ingin memastikan apakah Anda terdaftar sebagai penerima bansos atau BNPT Anda bisa mengikuti cara cek penerima dengan KTP melalui HP, simak ulasannya!

  1. Pertama Anda bisa membuka situs kemensos resmi di browser pada perangkat Anda atau dengan mengklik tautan ini cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Setelah situs terbuka, Anda bisa melihat kolom data yang harus diisi sebelum melakukan pencarian data apakah data Anda termasuk penerima bansos atau tidak.
  3. Kolom-kolom yang ada pada situs tersebut biasanya berisikan data alamat lengkap Anda mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa atau kelurahan.

Tak hanya alamat lengkap, Anda pun harus mengisi nama lengkap Anda yang sesuai dengan KTP.

  1. Setelah Anda berhasil mengisi semua kolom data diri, selanjutnya Anda bisa menulis ulang  kode captcha lalu klik cari data.

Setelah Anda berhasil melakukan langkah di atas, maka hasil pencarian akan muncul yang mana isinya adalah penerima bantuan, jenis bantuan, periode bantuan hingga status bantuan terkait apakah sudah disalurkan atau belum.

Dengan ini Anda bisa mengetahui apakah Anda termasuk penerima bantuan atau tidak.

Bentuk Bantuan BNPT

BNPT atau Bantuan Pangan Non Tunai yang diberikan kepada orang yang terdaftar di kemensos sebagai penerima berupa kebutuhan sembako .

Lebih jelasnya sembako ini berisikan beras, sayur, buah-buahan, lauk pauk, telur, hingga minyak goreng. Tentunya bentuk bantuan ini merupakan perlengkapan kebutuhan pokok bagi keluarga.

Ciri Penerima BNPT

Di tahun 2022 telah diberitakan sekiranya 18 ribu pemegang KTP telah menerima banson BNPT. Dimana orang-orang yang berhak menerima bansos ini memiliki syarat atau ciri sebagai berikut.

  • Haruslah merupakan WNI—Warga Negara Indonesia yang telah memiliki KTP dan KK
  • WNI yang tidak mampu atau miskin
  • Telah memiliki KKS—Kartu Keluarga Sejahtera
  • Orang yang terdaftar sebagai penerima di Kemensos
  • Penerima buka sebagai pemilik PKH atau BLT Dana Desa

Nah itulah ciri yang harus dimiliki oleh setiap penerima bantuan Bansos BNPT. Bantuan bansos BNPT yang diterima oleh sekiranya 18 ribu pemegang KTP penerima bansos ialah sembako dengan nilai 2,4 juta.